Pembelajaran IPS pada Jenjang Pendidikan Dasar yang Menyenangkan dan Menyenangkan

Bidang studi IPS meliputi geografi, sejarah, ekonomi dan sosiologi. Kita perlu mempelajari geografi untuk memahami berbagai hal terkait planet kita, seperti perubahan iklim, perbedaan waktu, pemanasan global, sumber daya alam, dan kenampakan alam. Selain itu kita juga dilatih untuk berpikir kritis dan kreatif , meneliti, serta mengkomunikasikan suatu fakta dalam bentuk tulisan, gambar, grafik, maupun lisan dengan berbagai media.

Bagi sebagian kita, mempelajari sejarah/masa lalu adalah sangat tidak penting. Padahal, sebenarnya yang diharapkan dari belajar sejarah adalah mengambil  nilai atau inti yang terkandung dalam suatu peristiwa yang kita pelajari. Nilai itu menimbulkan efek semangat dan sikap optimis yang ada pada diri kita untuk melanjutkan kehidupan ke depan. Panduan dasar dari setiap peristiwa masa lampau akan membawa kita untuk melanjutkan kejadian tersebut ke arah yang lebih baik. Seperti halnya semangat juang para pahlawan yang tinggi sehingga dapat membawa Indonesia merdeka. Itulah intisari nilai yang dapat kita ambil, agar kita tetap berjuang dan pantang menyerah dalam menghadapi segala tantangan.

Sementara dengan sosiologi, kita akan mempelajari, menjelaskan, menganalisis dan meneliti fenomena, gejala dan masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Hasil penelitian dari bidang sosiologi dapat digunakan sebagai acuan dalam perencanaan pembangunan, pengambilan kebijakan pemerintah dalam pembangunan dan untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Metode penelitian sosiologi mempunyai kemampuan yang baik dalam memprediksi dan menginterpretasikan data yang menyangkut hubungan sebab akibat dalam aspek-aspek kehidupan manusia.

Banyak cara untuk membuat pelajaran IPS menjadi menyenangkan, antara lain, membuat kartu nama/identitas siswa, menarik kesimpulan dari daftar yang dibuat, mengamati surat undangan perkawinan, mendiskripsikan surat undangan, mencari informasi pada media cetak, mendiskusikan aspek-aspek wawancara dengan narasumber, menyusun daftar pertanyaan, melakukan wawancara, membuat laporan hasil wawancara, bermain arah kanan, kiri, depan , belakang, bermain arah mata angin/ senam mata angin, membuat daftar suku asal orangtua dan menghubungkannya dengan peta, mengumpulkan informasi tentang suku-suku bangsa di Indonesia, mengaitkan suku bangsa dengan lokasi asal, mengumpulkan berbagai produk hukum (UU), membuat peta beserta suku yang mendiaminya, memberi saran-saran agar keutuhan kehidupan antarsuku bangsa semakin kokoh, membuat slogan dan gambar tentang “Kerukunan hidup antar suku bangsa”, membuat drama perjuangan, membuat film TV kardus dan bisa juga dengan membuat komik. (dk)

Facebook Twitter Email
Posted in Event |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>