MAJU TERUS PANTANG MUNDUR

MAJU TERUS PANTANG MUNDUR
Oleh: Wahyu Wijanarko, S.Psi
(Kepala SAI Studio Alam)

SAI Studio Alam terletak di jalan Raden Saleh Raya (Studoo Alam) RT. 001 RW. 09, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok 16412. Lokasinya menempati lahan seluas sekitar 9000 M2 yang terdiri dari tanah darat berbentuk huruf L dan sebagian besar empang.

Selain Kepala Sekolah, SAI Studio Alam memiliki guru sebanyak lima orang, security sebanyak dua orang yang bertugas siang dan malam, serta jumlah murid 29 anak yang tersebar sebagai berikut: 8 anak di KB, 8 anak di TK A, 1 anak di TK B dan 12 anak di SD kelas 1. Memang masih jauh dari target yang ditetapkan yakni sekitar 60 murid baru. Kemungkinan karena singkatnya waktu promosi yang hanya sekitar dua bulan. Media yang digunakan untuk sosialisasi pun baru berupa penyebaran brosur dan banner. Belakangan baru dilakukan melalui website dan majalah komunitas Depok, canvasing di kompleks perumahan dan komunitas pengajian. Banyak yang datang untuk bertanya, karena keunikan Sekolah Alam Indonesia. Tetapi menurut mereka, waktu pendaftaran di Studio Alam bulan Februari itu terlambat, karena umumnya sekolah do Depok dan sekitarnya membuka pendaftaran mulai bulan Desember. Kedepan akan dievaluasi, apakah dalam rangka mendulang jumlah siswa, SAI Studio Alam perlu membuka pendaftaran semenjak Desember, berbeda dari Ciganjur yang membuka pendaftaran Februari. Selain itu, kami akan berusaha lebih aktif dalam mengenalkan SAI lewat berbagai media.

Untuk sementara ini, baru terdapat dua saung kelas yang bisa digunakan untuk kegiatan empat kelas. Walaupun secara defacto baru satu saung yang siap karena terhambat di pengadaan kayu. Jadilah kami berdesakan karena dua kelas jadi satu, ditemani raungan suara mesin potong kayu yang bersahutan memekakkan telinga. Lapangan rumput hasil reklamasi alias ngurug sudah bisa dipergunakan untuk bermain bola. WC baru satu, sedang diusahakan ditambah pembangunannya, tapi terbentur puasa. Insya Allah akan ada masjid yang saat ini sedang terbentur masalah dana dari donatur. Masjid ini rencananya akan digunakan untuk kelas Al-Qur’an atau kegiatan lain karena akan ada semacam amphi-theatre di halamannya. Dalan waktu dekat akan didirikan lagi satu saung untuk keperluan kantor dan perpustakaan.

Good angle from studio alam TVRI

Potensi yang ada juga sangat kaya. Mulai dari Studio Alam TVRI yang memiliki luas kurang lebih 32 hektare, bisa dimanfaatrkan sebagai tempat trekking dan outbond, camping bahkan untuk lokasi shooting. Di depannya terbentang Setu Sidamukti seluas kurang lebih 20 hektare. Setu tersebut baru saja mengalami perbaikan dengan membuat turab di sekelilingnya dan belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat sekitar. Padahal potensinya luar biasa untuk bisa dikembangkan menjadi daerah pariwisata dan bisnis lainnya. Kedepan, SAI Studio Alam hendak bekerjasama dengan pihak terkait untuk mengembangkan potensi .tersebut dengan membuat outbound center atau perahu wisata misalnya. Dimulai dengan rencana SAI Studio Alam untuk memiliki perahu sendiri yang akan dipakai berkeliling membersihkan sampah, atau untuk latihan dayung bagi para guru. Langkah tersebut akan dimulai dengan mengajak sekolah-sekolah terkait untuk melibatkan diri.

Butuh kesabaran, ketegaran dan jiwa baja, gak pake ngambekan, untuk mengembangkan lokasi ini. Cerita panjang berisi lebih banyak duka daripada suka. Tetapi hal tersebut justru makin menguatkan tekad untuk maju terus pantang mundur!!! Semoga bantuan do’a dari seluruh komunitas SAI, dapat memperlancar semua upaya melahirkan lebih banyak generasi handal pemimpin masa depan bangsa ini. Aamiin.

Cooming soon… Informasi dan berita terbaru SAI Studio Alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: