Geometri Tak Lagi Sulit

Oleh: Yudha Kurniawan (Litbang Sekolah Alam Indonesia)

Menjelaskan geometri khususnya kepada anak-anak visual, memerlukan alat bantu agar tidak terasa sulit.  Pada pembahasan kali ini, kita mencoba bagaimana memahamkan konsep luas dan keliling.  Kita bisa menggunakan kertas kotak-kotak untuk memudahkan penghitungan luas dan keliling pada variasi segi empat persegi panjang yang memiliki luas yang sama.  Gunakan luas yang sederhana sampai luas yang lebih besar: 12 persegi, 24 persegi, 48 persegi, 56 persegi, 72 persegi, dan seterusnya.  Buatlah bentuk persegi panjang yang berbeda pada luas yang sama.  Contoh: untuk luas 24 persegi.

yudha

Anak bisa menghitung langsung luas dan kelilingnya.Pastikan anak menghitung luas dengan menghitung tiap kotaknya.Demikian pula menghitung kotak keliling. Lalu kita bisa berdiskusi dengan anak dengan mengajukan pertanyaan: Adakah perbedaannya? Adakah perbedaannya antara 1a dan 1b, 2a dan 2b, 3a dan 3b? Adakah perbedaannya di antara keenam bangun tersebut?

Ya, benar.  Bangun-bangun tersebut memiliki luas yang sama tetapi kelilingnya berbeda. Jadi kesimpulannya adalah bangun yang memiliki luas yang sama belum tentu kelilingnya sama dan bangun yang memiliki keliling yang sama beum tentu luasnya juga sama.  Kemudian kita minta kepada anak untuk mencoba mengeceknya.

Jika anak masih belum paham, kita bisa bantu untuk luas yang lebih besar seperti 24 persegi dengan proses yang sama.  Demikian pula untuk seterusnya.

Usahakan anak sampai mengerti bahwa untuk mengetahui luas persegi panjang adalah dengan mengukur panjang alas dikalikan tingginya.Sehingga anak tidak bingung antara panjang dan lebar karena panjang alas bisa menjadi lebar manakala lebih pendek dibanding tingginya. Demikian pula jika panjang alas bisa menjadi panjang manakala lebih panjang dibanding tingginya.

Selamat mencoba.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3b

 

 

 

 

 

1a

 

 

 

 

 

 

2a

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2b

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1b

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3a

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: