PENJELAJAHAN

Kawan..

Sudikah kau menemaniku bertualang?

Kita kan menjelajah angkasa

Menembus shaf demi shaf langit

dan bercengkrama dengan bintang-bintang

 

 

Tidak!

Kita tidak mengendarai Buraq

Ia tunggangan para Nabi

 

Kita kan mengayuh sampan pengalaman

berdayung semangat

berpetakan ilmu

dan berkompaskan rasa ingin tahu

 

Mari kita melaju

Ke langit biru kita menuju

Lihat!

Lihatlah rumah-rumah itu

menyemut

seperti anai-anai

Padahal disana kita berteduh, mengeluh dan mengusir peluh

 

Bukankah bumi kita biru?

Cantik

Seindah namanya Ibu Pertiwi

(Dimas Joko-Komunitas Bisa Menulis)

 

Ya..benar anak-anak kita tak hentinya mengeksplorasi alam semesta. Dalam hitungan tahun, mereka sudah menjelajah berbagai wilayah Nusantara. Bosan? Tentu tidak, karena wilayah yang mereka jelajahi senantiasa menyajikan hal-hal baru untuk ditadabburi. Bahkan semakin menantang jiwa pemberani mereka untuk menggali apa saja yang terkandung di dalamnya. semakin banyak wilayah yang didatangi, semakin kaya pengalaman yang didapatkan.

Anak-anak memang memiliki rasa ingin tahu yang luar biasa. Keinginan itu butuh pemenuhan yang tak terpuaskan dari bilik-bilik saung tempat belajar mereka. Benar bahwa belajar bagi mereka bisa dimana saja, bisa di saung sebagai pengganti kelas, di lapangan terbuka, di masjid, di bawah pohon rindang. Melebar kemana saja, ke teater terbuka, ke taman-taman bunga, mini zoo, pantai, hutan. Subhanallah.. ciptaan Allah sungguh tak kan ada habisnya.

Buat apa menjelajah, bila melalui teknologi digital saat ini bisa menjangkau ke belahan bumi mana saja yang kita mau? Tentu beda, kekayaan batin yang didapat juga berbeda. Tak sekedar pada tahap mengetahui, namun tahap merasakan dan mengalami adalah hal yang dicari. Dengan mengetahui, hanya nutrisi otak kita yang terpenuhi. Namun bila dengan mengalami dan merasakan, nutrisi jasad dan hati kita juga akan terpenuhi.

Jadi bukankah bumi Allah itu luas? Selembar tekad sepetak niat, segenggam semangat menjadi bekal bagi anak-anak untuk menjelajahi bentang bumi Allah yang luas. berbekal do’a yang tulus dari kita, segenap komunitas Sekolah Alam Indonesia, Insya Allah anak-anak akan tumbuh menjadi jiwa-jiwa pemberani berakhlak mulia. (Ratih N. Lathifah/dk)

 

(GREETING BULETIN IFSA Edisi 42)

outing bengkulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: