Cerita Qurban

Sebentar lagi akan masuk  bulan Dzulhijjah 1434 H. Mudah-mudahan Alloh memudahkan kita melaksanakan amalan-amalan mulia di bulan mulia ini. Amin.

Bagi yang tidak melaksanakan Ibadah Haji, salah satu amalan utama adalah menyembelih hewan Qurban. Sekolah Alam Indonesia, juga turut berperan dalam penyelenggaraan penyembelihan dan pendistribusian hewan qurban.

Bahwa para guru kemudian belajar, berlatih sampai akhirnya mampu mahir menyembelih hewan, itu pun juga karena kerja besar penyembelihan yang kami selenggarakan.

Membayangkan kembali  kerja besar guru dalam membagi-bagikan hewan qurban yang diamanahkan kepada kami, guru Sekolah Alam Indonesia, sama dengan menunaikan amanah titipan orang tua dan masyarakat. Tahun demi tahun hewan yang dititipkan menjadi lebih besar. Tanggung jawab yang juga bertambah dengan alokasi pendistrusian yang juga menjadi lebih luas.

Karena semua dikoordinasikan oleh para guru dengan dibantu staf karyawan dan beberapa orang tua, maka kerja kepanitiaan Qurban ini pun sudah disiapkan jauh-jauh hari. Mulai dari pembagian kerja sampai dengan pengasahan pisau untuk pemotongan, pengulitan dsb. Semua ini masuk dalam satu Annual Program SAI. Pembelajaran kelas juga diikutsertakan, SD kelas besar dan SL.

Tahun 2013 ini, bertepatan dengan tahun terakhir kami menempati Kampus Ciganjur. Sangat berharap, kami dapat meninggalkan tetangga sekolah kami ini dengan  baik. Termasuk pembagian hewan qurban ke tetangga sekolah lebih kami utamakan.

Setahun setelah tahun 2001 kami menempati Kampus Ciganjur,  Panitia Qurban mulai bekerja dengan memotong dan membagi beberapa hewan saja. Pada saat itu seluruh guru laki-laki mulai belajar menyembelih dengan adab penyembelihan yang benar, dengan instruktur pak Kundan (dosen IPB).

Tahun 2003, jumlah hewan langsung melonjak menjadi 20 ekor kambing.  Tahun 2004, mulai nambah sapi 2 ekor dan 24 ekor kambing. Sejak tahun ini pula, para bapak guru mulai belajar motong sapi.

Tahun 2006, mulai motong sapi sendiri. Mungkin pak Yudha, pak Taufik, pak Hudori masih teringat antusiasme hati pasca penyembelihan sapi.

Tahun 2011, amanah Panitia Qurban makin besar yaitu 6 ekor sapi dan 32 ekor kambing. Subhanalloh. Bekerja dalam kepanitiaan sampai jelang Maghrib, rasa ukhuwwah antar guru yang semakin erat … Insya Alloh, membuat semua ini menjadi terasa lebih mudah.

Tahun 2012, tahun lalu Sekolah Alam Indonesia mendistribusikan daging qurban dari 6 ekor sapi dan 39 ekor kambing. Semoga amalan yang kami lakukan tercatat sebagai pahala bagi kami dan Jazakumullah khoiron bagi semua pihak yang bersedia menitipkan penyaluran qurbannya pada kami.

Mohon doa, semoga kami dapat menunaikan amanah pemotongan dan pembagian hewan qurban tahun ini dengan baik. Amin

Chache

(data dan fakta dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: