Semangat Baru Menyongsong Sekolah Impian

sekolahalamindonesia5
Desain Sekolah Alam Indonesia Kampus Cipedak

 

Semangat baru menyongsong sekolah impian

By: Azis Ismail

Kita harus berdiri diatas kaki kita sendiri, sudah saatnya kita tidak tergantung oleh orang lain, kita manusia merdeka.”

Kata-kata Pak Novi suatu saat ketika syuro guru menyikapi habisnya sewa lahan ciganjur. ” walaupun ruh-ruh kita telah menyatu dengan dedaunan dan ruh-ruh kita telah menyatu dengan pohon-pohan yang tertanam dilahan ini (ciganjur, red), kita harus pindah, bagaimanapun kondisinya .”

Keputusan pindahnya SAI ciganjur ke lahan baru (cipedak) merupakan keputusan yang diambil dengan musyawarah seluruh stackholder SAI. Menyikapi keputusan tersebut maka syuro guru mengadakan pertemuan secara marathon dalam rangka mendesain seluruh aspek yang akan berimbas pada pembelajaran di SAI kampus Ciganjur, maka dirancang beberapa kegiatan yang sedikit banyak dapat memberikan gambaran dan simulasi pembelajaran dalam keadaan darurat mengingat belum selesainya pembangunan SAI kampus Cipedak 1 tahun kedepan.

Beberapa kegiatan tersebut meliputi sosialisasi ke guru, siswa maupun orang tua, kegiatan lain berupa visitasi ke lahan baru yang bertujuan melihat, merasakan atmosfer sekolah dan kelas baru (sementara), membangkitkan semangat dan motivasi siswa. Uji coba pembelajaran yang bertujuan untuk merasakan belajar dilahan baru dan mengevaluasi untuk kepindahan sesungguhnya. Dan yang tidak kalah penting adalah packing semua barang-barang kelas dan administrasi.

Kegiatan yang tidak mungkin kita lewatkan adalah Muhadhoroh perpisahan dengan lahan lama (Ciganjur) pada tanggal 15 November 2013 seluruh siswa KB-TK, SD dan SL hadir di SAI kampus Ciganjur. Puncak kepindahan SAI ke lahan baru adalah tanggal 18 November 2013, pada tanggal tersebut seluruh siswa KB-TK dan SD 1-4 efektif belajar disana (siswa langsung masuk ke lahan baru ).

Yang akan menjadi tantangan bagi guru adalah bagaimana mendesain pembelajaran dengan keadaan serba terbatas, memaksimalkan potensi lahan baru serta menciptakan kondisi yang nyaman bagi terciptanya pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa SAI. Syuro guru tetap optimis dengan kondisi apapun yang akan dihadapi, melihat antusiasme para siswa saat diadakannya visitasi/kunjungan singkat ke lahan baru .

Dan tidak terasa SAI sudah 12 tahun menempati lahan Ciganjur dengan status sewa, dan sekarang adalah lembaran baru SAI memilki lahan sendiri, tentunya tidak mungkin akan terjadi kita memiliki lahan sendiri karena adanya kontribusi seluruh komunitas SAI yang sejak awal mencurahkan pikiran, tenaga dan hartanya bagi keberlangsungan pendidikan di SAI, semoga Allah SWT membalas seluruh kebaikan/kontribusi komunitas SAI dan semoga selama 12 tahun SAI berkiprah di lahan lama (ciganjur) meninggalkan kebaikan-kebaikan bagi lingkungan serta masyarakat sekitar dan semoga juga keberadaan SAI di lahan baru (Cipedak) dapat memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitar, karena “sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.” (Al Hadits)

 

sekolahalamindonesia2
Lapangan Rumput SAI Kampus Cipedak
sekolahalamindonesia3
Desai Kelas SAI Kampus Cipedak
sekolahalamindonesia4
Desai Kelas SAI Kampus Cipedak
sekolahalamindonesia6
Desai Kelas SAI Kampus Cipedak
sekolahalamindonesia1
Site Plan SAI Kampus Cipedak

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: