MARKET DAY ON SAI : INTERNATIONAL FOOD FESTIVAL

Market Day merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh Sekolah Alam Indonesia pada setiap semesternya. 

DCIM100MEDIA

Tujuannya adalah menanamkan jiwa wirausaha atau entrepreneurship sedini mungkin kepada siswa-siswi SAI.

Meng-edukasi bagaimana menjadi seorang pedagang yang jujur seperti halnya Rasulullah SAW dalam berdagang. Begitu juga pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 kali ini, kebetulan saya diamanahi menjadi penanggung jawab acara ini. Pada kegiatan market day kali ini saya menentukan tema “INTERNATIONAL FOOD FESTIVAL”.

1966854_3728514346948_1366126777_n

Mengenalkan kepada siswa bahwa banyak sekali produk makanan minuman khas dari berbagai mancanegara, memberikan semangat bahwa jika kelak menjadi seorang pedagang kita harus mencontoh Rasulullah yang bukan hanya berdagang di kota makkah dan madinah saja, tetapi Rasulullah berdagang sampai ke negeri Syam. Gegiatan transaksi jual beli juga disimulasikan dengan mata uang masing-masing Negara, seperti China dengan Yuan, Malaysia dengan Ringgit, Belanda dengan Golden, Jepan dengan Yen dan dilengkapi dengan money changernya. Tujuannya adalah memberikan edukasi kepada siswa bahwa jika kita transaksi jual beli di negara lain tidak dengan rupiah tapi ada mata uang masing-masing Negara. Pada market day yang diadakan pada hari Kamis 13 Maret 2014 lalu diikuti oleh 9 stand negara dari masing masing kelas, yaitu kelas KB (Kelompok Bermain) menyajikan produk makanan dan minuman khas dalam negeri (Indonesia), TK A menyajikan produk makanan minuman khas dari Italy.

TK B menyajikan produk makanan minuman khas dari Mexico, SD 1 menyajikan produk makanan minuman khas dari Arab Saudi, SD 2 menyajikan produk makanan minuman khas dari Malaysia, SD 3 menyajikan produk makanan minuman khas dari Jepang disertai dengan layanan jasa foto booth dengan kostum khas negeri matahari terbit itu, SD 4 menyajikan produk makanan minuman khas dari China, SD 5 menyajikan produk makanan minuman khas dari Belanda, serta dari kelas ISTC yang menyajikan produk makanan minuman khas dari Amerika (Indian). Acara tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan dari Green Voices dengan lagu-lagu tentang pedagang jujur. SL 7 juga ikut memeriahkan acara dengan membawakan beberapa lagu.

Acara yang berlangsung dari jam 8.30 s/d 11.00 WIB itu dihadiri oleh siswa-siswi SAI, orang tua siswa, guru-guru dan pada kesempatan itu hadir juga beberapa guru dari Sidoarjo yang ikut menyaksikan kemeriahan acara. Kegiatan tersebut juga berkesempatan diliput oleh stasiun televisi swasta dari SindoTV.

DCIM102MEDIA
Penulis : Pak Syaiful, Fasilitator SAI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: