Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Alam Indonesia sangat unik dengan metode yang bervariasi.

1. Dimulai dengan tahap English Story Telling di Level Kelompok Bermain – Taman Kanak-kanak oleh Orang Tua dan Guru kelas, bernyanyi dan bermain.

2. Rolling Book, program membaca buku berbahasa Inggris setiap minggu. Dilakukan di rumah bersama orang tua siswa (kelas kecil), membaca mandiri mulai dari kelas 2 SD sampai SL kelas 9. Bisa kita bayangkan pertambahan ‘VOCABULARY’ anak setiap minggu (jika orang tua dan guru kelas saling membantu). Yang paling utama adalah terbangun nya ‘Sense Of Language’ (rasa berbahasa anak). Karena kita para guru bukan ‘Native Speaker’ maka Program ini sangat mermbantu.

3.Stimulus Semua Skills (Listening, Speaking , Reading dan Writing) dimulai dari kelas-3 SD itu sangat memperkaya anak.

4. Di Tingkat SL anak2 ditambah tugas ‘WRITING’ / Menulis mulai Dari 150 – 500 kata perminggu per Level.

5.Ujian ORAL TEST yg dibantu oleh Orang tua siswa/komunitas setiap semester itu sangat memperkaya anak untuk mengalami “pengalaman berbahasa Inggris” dengan orang yang berbeda-beda. Dan bertemu dgn Native Speaker minimal pertahun dalam acara Language Fair atau bertemu dengan orang-orang yang terbiasa dalam menggunakan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari. Semua itu Membantu untuk Menghadapi ‘Cultural Shock’.

Skill Bahasa itu adalah sebuah proses panjang (atas segala keterbatasan kita) dan bahasa itu harus aktif.

Anak-anak SL 9 sekarang mengikuti Test Of English as a Foreign Language (TOEFL) ini setelah melalui PROSES belajar 9 tahun.

 

Thanks To Classroom Teachers (guru- guru kelas) yang telah membantu English Dept. menjalankan program panjangnya. Khususnya untuk anak2 Angkatan 8 ini …

 

Semoga mereka menjadi Muslim yg kuat, yang memiliki SKILL bahasa yang kuat. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: