Menjelajah Kerajaan Islam Maluku

Benteng TalokuYoung Explorers SL 7 Sekolah Alam Indonesia memulai petualangan mengeksplorasi bumi Ternate Tidore, Maluku Utara selama sembilan hari dari tanngal 3-11 Mei 2016 untuk mempelajari sejarah kerajaan Islam Maluku Utara .

Siswa SL 7 dari dua kelas paralel ini akan menjelajah negeri para raja-raja Islam Maluku, menyelami kearifan lokal Tanah Maluku. Belajar budaya dan adat istiadat saudara sebangsa. Mengambil hikmah setiap perjalanan, bekerjasama dalam kesatuan tujuan. Membangun generasi tangguh untuk masa depan dan dalam mencintai Tanah air tercinta Indonesia Raya.

Hari pertama, Selasa 3 Mei mereka mengunjungi situs bersejarah benteng Talukko yang dibangun Portugis tahun 1512, yang dibangun oleh Penjajah Portugis.,

Hari ke-2, Rabu 4 Mei Yong Explorer mengunjungi Kedaton Sultan Ternate. Sebuah situs sejarah kejayaan kerajaan Islam Maluku Utara. Istana Sultan Ternate ini dibangun pada tanggal 24 November 1813 oleh Sultan Muhammad Ali diatas bukit Limau Santosa dengan luas areal 44,560 m2. Setelah itu mereka menuju ke tempat wisatKedaton Ternatea Batu Angus. Sebuah area tempat kumpulan batu-batu besar yang berwarna hitam hasil muntahan gunung Gamalama. Selanjutnya menuju benteng Kastela, benteng Kalamata dan masjid Al-Munawwar.

Benteng Kastela terletak di Kelurahan Kastela Kec. Pulau Ternate, arah Selatan Pusat Kota Ternate.  Merupakan Benteng pertama yang dibangun oleh penjajah portugis pada tahun 1522. Di Benteng inilah Sultan khairun dibunuh oleh Portugis pada tahun 1570 dan mayatnya kemudian dibuang ke laut.

Terima kasih kepada seluruh komunitas SAI, orang tua,fasilitatornya dan sponsor yang telah mendukung kegiatan ini hingga terlaksana.semoga perjalanan ini membawa keberkahan Dan mendapatkan ilmu yg bermanfaat.aamiin.

Fii amanillah Wa ma’asalamah….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: