Expedikids Ujung Kulon 2014-2015

Bismillahhirahmanirrahim…

Posisioning tahun ini menempatkanku kembali di kelas lima. Yup. Kelas lima. Terbayang di kepala adalah kelas outing. Kami dipercayakan mengepalai kelas lima. Menjadi guru bersama sebanyak tiga orang.
Adaptasi awal sebagai gurupun dimulai. Kami mencoba saling mengenal karakter satu sama lain. Pak Oji yang ekspresif dan cenderung abstrak. Bu Eha yang enerjik dan spontan. Sedangkan aku yang cenderung struktural dan datar-datar saja. Setidaknya menurutku.

Perbedaan karakter kami membuat kelas semakin berwarna. Tapi ternyata, justru kami klop. Langsung sejalan terutama dalam menentukan destinasi tujuan outing kelas kami. UJUNG KULON. Tanpa perdebatan berarti kami memutuskan tujuan outing kelas lima ke taman Nasional Ujung Kulon. Prinsip kami, yang penting anak-anak mendapat pembelajaran yang maksimal. Namun tetap mempertimbangkan SDM guru yang hanya bertiga.

Persiapan demi persiapan kami lakukan. Dukungan dari orang tua sangat membantu kami. Konflik. Pasti terjadi. Antara tim kami bertiga maupun dengan orang tua. Massalah yang muncul mulai dari resosin obat malaria yang kontroversi juga kondisi cuaca yang ekstrem di ujung kulon. Tapi, salut karena orang tua kompak. Komunikasinyapun terjalin baik. Hal itu yang membuat segala kendala dapat teratasi dengan baik. Hingga akhirnya perjalanan tersebut dapat terwujud.

@Bu Ian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: