Experience Makes Us Learn a Lot

Kami percaya bahwa dalam kehidupan perlu banyaknya pengetahuan. Baik pengetahuan ilmu pendidikan, ilmu sosial, maupun berbagai ilmu lainnya. Secara teori, banyaknya pengetahuan akan memudahkan dalam menjalani kehidupan.

Ilmu merupakan suatu anugrah yang ALLAH SWT berikan kepada setiap orang. Ilmu dapat diraih di mana saja dari berbagai sumber. Sekolah adalah salah satu media yang menyiapkan berbagai ilmu pengetahuan. Melalui para pendidik yang siap menjembatani banyak pengetahuan untuk para siswa siswinya.

Alhamdulillah saya termasuk salah satu dari pendidik itu. Pendidik yang mengabdikan diri di sekolah. Semangat dan mengharap Ridho dari ALLAH SWT. Saya bersyukur menjadi salah satu media belajarnya.

Alhamdulillah ALLAH SWT tuntun saya untuk mendaftarkan diri menjadi pendidik di Sekolah Alam Indonesia. Sebutan ‘Sekolah Alam’ terdengar asing di telinga saya. Sampai akhirnya saya di panggil untuk mengikuti interview di Sekolah Alam Indonesia. Betapa terpesonanya saya melihat suasana sekolah yang amat berbeda dari sekolah pada umumnya. Suasana sekolah yang amat asri dengan lingkungan alam sekitar. Suara aliran sungai membuat perkenalan sekolah terasa begitu nyaman.

Alhamdulillah seminggu setelah proses interview, saya dipanggil. Percobaan pertama mengajar di Sekolah Alam Indonesia. Saya sangat kagum dengan kegiatan belajarnya. Banyak menggunakan media yang berbeda dengan sekolah pada umumnya. Cara pengajaran di Sekolah Alam Indonesia sangat efektif.

Mengapa? Mungkin banyak menggunakan media belajar. Apalagi jika melihat kelas belajar. Membuat guru akhirnya menjadi kreatif. Kelasnya terbuat dari kayu. Konsepnya terbuka dan sangat menyatu dengan alam. Siswanya nyaman. Belajar sambil menikmati hembusan angin dan suara air sungai yang mengalir di bawahnya. Media yang digunakan sangat beragam. Infokus hingga boneka tangan. Demikian juga dengan pengajaran agamapun sangat baik. Setiap ilmu-ilmu yang diajarkan selalu dikaitkan dengan ilmu agama Islam.

Pengajarannyapun bukan hanya teori yang disampaikan namun aplikatif. Terjun langsung ke tempat-tempat yang sedang mereka pelajari. Outing kelas 2 SD SAI. Tema belajarnya tentang alat transportasi khusus kapal laut dan pesawat terbang. Para guru dan siswa menuju bandara Soekarno Hatta dan Pelabuhan di daerah Jakarta Barat.

Belajar dengan datang langsung ke tempat-tempat asalnya. Para siswa akan lebih mudah mengingat pengalaman belajarnya. Mengobservasi sendiri tentang pengalaman. Inilah salah satu cara belajar di Sekolah Alam Indonesia yang sangat saya sukai. Berbeda dengan cara belajar di sekolah umum lainnya.
Pengalaman baru di Sekolah Alam Indonesia, membuat saya belajar banyak hal. Pengetahuan yang biasanya hanya saya dapat melalui buku kini bisa saya dapatkan dari pengalaman perjalanan. Mendatangi tempatnya langsung bersama dengan siswa-siswi Sekolah Alam Indonesia.

@Bu Alma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: