Jelajah Malam

Malam itu anak-anak SD 1 Siguntang sedang asik bermain senter bersama dengan teman-temannya. Mereka dengan senang menyenterkan cahayanya ke semua penjuru. Mereka seperti tak kenal lelah bermain dan terus bermain. Sambil sesekali bercanda ria melepas tawa bersama. Sampailah pada percakapan antara anak dan gurunya.

“Pak kapan sih kita jelajah malam?”
“Nanti masih lama. Sekarang kamu tidur saja dulu.”
“Aku sudah tidak sabar nih pak ingin jelajah malam.”
“Ia tapi kamu tidur dulu. Kalau tidak tidur nanti kamu mengantuk.”
“Aku tidak bisa tidur karena aku sudah tidak sabar untuk jelajah malam.”

Begitulah kira-kira percakapan antara siswa dan guru. Kemudian sang guru meminta anak-anak masuk ke dalam tenda untuk beristirahat tidur sebelum jelajah malam tiba. Ternyata ketika mereka disuruh tidur mereka tetap saja tidak tidur. Mereka malah asyik ngobrol dengan temannya di dalam tenda. Pastinya mengganggu temannya di tenda yang lain yang jaraknya tidak jauh. Awalnya tidur namun akhirnya terbangun karena temannya ribut.

Ternyata mereka senang dengan adanya jelajah malam sampai menanti-nanti kapan waktunya tiba untuk jelajah. Mereka penasaran bagaimana rasanya berjalan di malam hari dikegelapan malam dan hanya ditemani oleh senter kecil yang dipegang tangan mungilnya.

Tibalah saatnya yang di nanti-nanti tiba. Mereka dibangunkan satu persatu oleh PAK. Satu persatu untuk jelajah malam. Mereka sangat senang dan segera bersiap-siap untuk jelajah malam.

Semua siswa dibariskan di lapangan untuk persiapan jelajah malam. Setelah mereka siap, guru memanggil setiap kelompok untuk berjalan menjelajah. Di tengah jalan mereka dilepas satu persatu untuk berjalan. Melatih keberanian mereka juga. Hebatnya mereka semua berani.

Subhanallah ternyata anak-anak SD1 Siguntang Sekolah Alam Indonesia sungguh luar biasa. Mereka dapat menaklukan rasa takut mereka. Mereka terlihat amat senang. Sesampainya di pos/tenda aula mereka bercerita satu persatu tak henti-henti.

“Aku dong bu, berani. Aku ga nangis.”
“Waw, Masya Allah kamu keren. Bisa berjalan sendirian dikegelapan hanya ditemani senter saja.”
“Ia dong bu, aku berani. Akukan pengen banget jelajah malam.”
“Kamu memang hebat. Anak Sekolah Alam memang hebat-hebat.”
“Yaiyalah bu. Anak Sekolah Alam. He he he.”

Ternyata memang anak-anak sekolah Alam Indonesia sungguh luar biasa. Mereka berani-berani menghadapi tantangan yang diberikan guru. Semoga setelah besar dapat terus berani menghadapi tantangan di luar sana.

Tetaplah semangat anak-anakku. Sesemangat engkau menanti jelajah malam.

@Bu Ratu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: