Pengalamanku di Administrasi SAI

Perkenalkan. Nama ku Sukarsih biasa dipanggil Asih. Aku bergabung di Sekolah Alam Indonesia sejak April 1998 pada waktu itu masih bernama Sekolah Alam. Awal aku bergabung dengan Sekolah Alam aku diperkenalkan oleh bu Chache.

Awal aku kerja, yang aku kerjakan adalah mengurus buku dengan menyampul buku-buku yang ada di perpustakaan. Baru kemudian aku mulai belajar administrasi. Belajar membuat surat, membuat pembukuan untuk penerimaan dan pengeluaran, membuat data guru dan siswa. Awalnya hayna ber jumlah delapan siwa dan empat guru. Hingga akhirnya sampai sekarang rutin mendata siswa dan guru. Di tahun 2016 ini jumlahnya sudah jauh bertambah banyak. Jumlah siswa mencapai kurang lebih 484 siwa dari jenjang KBTK hingga Sekolah Menengah Atas (BLESS) dan jumlah guru mencapai kurang lebih 105 guru.

Alhamdulillah, Allah masih memberiku kesempatan untuk terus belajar di Sekolah Alam Indonesia hingga hari ini. Sungguh pengalaman hidup yang luar biasa yang aku dapatkan di Sekolah Alam Indonesia. Aku belajar management, belajar bersosialisasi dengan komunitas SAI, belajar mengajar juga, belajar berbagi, dan masih banyak lagi yang bisa didapatkan di Sekolah Alam Indonesia.

Aku akan berbagi pengalaman dengan teman teman di sini bagaimana menekuni tugas yang kuemban. Yaitu amanah mengurus atau menghitung penggajian guru.

Aku menyiapkan draft penggajian dan dilanjutkan dengan
1. Pengecekkan data potongan administrasi .
2. Penghitungan data absensi, mengecek satu persatu menit keterlambatan guru, mengecek data ijin.
3. Perhitungan data absensi mulai dari tanggal 24 tiap bulan. Ini membuat waktu bernapas karena mempunyai 3 sampai 4 hari untuk proses pembayaran gaji via transfer bank.
4. Kemudian pembuatan slip gaji lalu pembagian ke teman teman guru.
Demikian proses pembuatan gaji di Sekolah Alam Indonesia.

@Bu Asih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: