Wisuda

Kalau membicarakan wisuda yang teringat adalah masa-masa akhir kuliah. Akhir dari satu tahap belajar dan ditandai dengan ceremony wisuda. Ceremony untuk orang tua tercinta sebenarnya. Mereka yang berjuang membiayai pendidikan buah hatinya. Biaya yang tidak kecil. Mungkin di sebagian orang tua lain berjuang sangat keras. Mungkin di sebagian lainnya membuang malu mencari pinjaman. Mungkin yang lainnya lagi sudah tersedia karena jauh-jauh hari sudah menyiapkan pembiayaannya.

Dalan kehidupan berjalan banyak peristiwa yang dikukuhkan dengan wisuda. Bahkan wisuda telah merambah sejak di tingkat TK terus menyebar hingga SD, SMP, dan SMA. Ceremony-nya membangun kecintaan terhadap ilmu. Kecintaan kepada bunda guru dan ayahanda guru yang telah mendampingi selama masanya.

Setidaknya wisuda menjadi pengingat bahwa perjuangan masih panjang karena wisuda adalah langkah pertama menuju kesuksesan itu sendiri. Di mana nilai-nilai kebenaran akan diuji. Kejujuran, kebermanfaatannya ketika bersinggungan langsung dalam dunia nyata.

@kang yudha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: