Rekomendasi Program Guru (Gelombang Pembelajar IV)

Ø Mengapresiasi diri atas kelebihan diri terutama tentang kebermanfaatannya terhadap orang lain. (Secara umum, prestasi bangsa Jepang diakui oleh seluruh dunia karena bermanfaat terhadap orang lain).

Ø Membudayakan kebersihan kelas dan menjaganya. Kebersihan ditanamkan sejak kelas kecil. (Ruang-ruang kelas di Jepang dibersihkan oleh siswa. Meja dilap dari debu dan dibersihkan kembali setiap pulang sekolah. Toilet dan koridor lain dikerjakan oleh pegawai kebersihan. Menjaga kebersihan sudah menjadi budaya masal).

Ø Mengoptimalkan Anecdotal Record agar guru mengenal siswa lebih dekat. Anecdotal Record tidak mengkhususkan pada prestasi kognitif saja. (Bangsa Jepang mengakui prestasi siswa terutama prestasi akhlak).

Ø Berfokus pada karakter. (Kurang lebih 50% pelajar Jepang melanjutkan ke Pendidikan tinggi . Masyarakat Jepang mengutamakan pendidikan karakter bukan kepada tingkat pendidikan formal).

Ø Bekerja dengan optimal. (Bangsa Jepang mempunyai kebanggaan dan tanggung jawab terhadap pekerjaan yang dibebankannya).

Ø Mengucapkan terimakasih dalam posisi apapun dan budaya antri menjadi kebiasaan. (Kebiasaan-kebiasaan masyarakat di Jepang)

Ø Adanya kedekatan antar guru yang dapat dilakukan secara informal. (Hubungan sesama guru sangat harmonis)

@kang yudha dan tim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: