Rasa Indonesia

Rasa Indonesia yang tergambarkan di hati masing-masing manusia yang terlahir di tanah Indonesia akan selalu muncul terutama disaat proses pengibaran panji Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kental dengan filosofinya. Merah menunjukkan keberanian. Putih melambangkan kejujuran kesucian.

Rasa Indonesia akan sangat dirasakan di luar Indonesia. Walau itu hanya di seberang negara. Setiap tarikan untuk mengangkat panji berkibar menunjukkan kebesaran bangsa. Bahwa Indonesia itu terbentang dari barat ke timur. Bahwa di antaranya terdapat beribu pulau. Besar dan kecil. Bahwa alamnya begitu mempesona. Indah tak habis dijelajahnya.

Rasa Indonesia akan bangkit. Manakala melihat ada penindasan di antaranya. Seperti Bung Tomo yang tak gentar menghadapi musuh bersenjata. Merdeka atau Mati. Menggetarkan setiap musuh yang hendak mengambil alih kebesarannya.

Rasa Indonesia kini semoga tetap ada. Tetap memberi semangat. Walau kehidupan susah di mana-mana. Walau banyak pejabatnya mengambil kesempatan untuk dirinya dan keluarganya. Walau banyak rakyatnya tak terlayani dengan layak. Rasa Indonesia itu seharusnya tetap ada di sini. Dari yang terlahir di sini. Di tanah tumpah darah ini.

@kang yudha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: