Barter

Barter adalah istilah bertukar barang. Cerita jaman dulu. Namun masih ditemukan sekarang. Akadnya, suka masa suka dengan nilai sebanding. Bisa jadi yang dimaksud sebanding adalah bagaimana seseorang melihat kebermanfaatannya. Bisa jadi karena memang senilai karena dihargai ‘beti’ beda tipis.

Jika menilik sejarahnya, barter merupakan salah satu bentuk awal perdagangan. Sistem ini memfasilitasi pertukaran barang ataupun jasa saat manusia belum menemukan uang. Sejarah barter dapat ditelusuri kembali hingga 6000 sebelum masehi. Diyakini bahwa sistem barter diperkenalkan oleh suku-suku Mesopotamia. Sistem ini kemudian diadopsi oleh orang Fenisia yang menukarkan barang barang mereka kepada orang orang di kota kota lain yang terletak di seberang lautan. Sebuah sistem yang lebih baik dari barter dikembangkan di Babilonia. http://cyclox-share.blogspot.co.id/2015/09/sejarah-sistem-barter

Masihkah sistem barter diperlukan? Hanya orang-orang yang membutuhkan segera dan merasa sebanding dwngan nilai yang ditawarkan menjadi tidak masalah.

@kang yudha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: