Menjenguk Ibu Susu

Bahasanya terdengar janggal ya. Maksudnya berkunjung ke kandang sapi perah. Asal susu yang banyak dijual di toko-toko kebutuhan bayi. Menyediakan susu untuk dikonsumsi baik cair maupun dalam bentuk bubuk. Susu formula lebih populer di Indonesia. Iklannya di mana-mana. Menggiring pikiran bahwa susu formula berasal dari toko.

Sapi perah diambil susunya. Dikonsumsi manusia. Bermanfaat karena kaya mineral dan vitamin. Setidaknya begitu informasinya dari dokter klinik.

Begitu banyak merk susu formula, sampai seorang ibu enggan lagi memberi susu asi-nya. Susu formula lebih higienis, lebih banyak kandungan gizinya. Begitu kira-kira cara berpikir praktis karena terkontaminasi iklan susu formula.

Padahal menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Komposisi zat-zat yang terkandung dalam ASI adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air dengan komposisi yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan bayi. ASI mengandung 200 zat gizi dan memberikan kekebalan buat bayi hingga 20 kali lipat. http://www.kajianpustaka.com/2012/11/komposisi-zat-gizi-asi.html?m=1

Belum lagi tentang faktor lainnya. Melalui asi, bayi akan merasakan kedekatan dengan ibunya. Merasa aman. Hal ini menjadi salah satu yang akan membentuk perangainya kelak.

@kang yudha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: