Cerita Camping Matrikulasi

Apa yang terlintas dalam benak anda ketika pertama kali mendengar kata “camping”?

Heemmm, pastinya tidak jauh dari mendirikan tenda, memasak, bersantai di hutan dan sebagainya

Akan tetapi, berbeda dengan Camping Matrikulasi yang saat ini dilaksanakan oleh siswa Sekolah lanjutan Kelas 7 Sekolah Alam Indonesia.

Camping ini bukan hanya sekedar mendirikan tenda, tapi ada muatan pembelajaran disana. Bagaimana melatih lifeskill, bekerjasama dengan orang lain, tangguh, berfikir kreatif, berani, bertanggungjawab dan lain-lain. Hal tersebut dituangkan dalam ragam aktivitas camping matrikulasi.

Jangan tanya bagaimana rasanya mendapatkan rembulan malam ini. Begitu bahagia kami didampingi olehnya, menerangi gelap malam di Pasir Reungit gunung Bunder.

“Solo Camp”, bukan nama makanan atau sejenisnya. Tapi dia adalah sebuah tantangan survive di alam terbuka, malam hari, sendirian, selama 5 jam, dan tidak berinteraksi dengan orang lain.

Kurang kerjaan?? Heemmm, bukan. Justru Solo Camp dibuat untuk melatih anak-anak semakin mendekat pada Sang Pencipta, mensyukuri nikmat yang ada, melatih mental dan leadership.

Pagi yang cerah, burung bernyanyi Indah, suasana sungguh meriah…

Yup, itulah yang kami rasakan di pagi ini setelah melalui kegiatan Solo Camp semalam di Pasir Reungit gunung Bunder. Lega dan gembira, karena kami bisa menaklukkan rasa takut kami, meletakkan tawakkal kepada Allah dengan sebaik2 tawakkal, meskipun tetap di hati kami ada rasa was was dan prasangka. Justru disitulah kami belajar.

Daaaannn, pagi ini kami melanjutkan aktivitas dengan penuh semangat. Senam ceria, memasak di alam terbuka dengan bahan yang ada (jungle cooking) dan kami lanjutkan free time.

((Akhirnya bisa free time….))

Semoga rangkaian kegiatan Camping matrikulasi Sekolah Lanjutan kelas 7 Sekolah Alam Indonesia ini semakin memperkaya jiwa kami, semakin meningkatkan jiwa leadership kami, dan semakin mendekatkan kami pada Allah Sang Maha Tinggi.

Semoga mereka semakin cinta dan menghamba kepada Penciptanya, semakin muncul jiwa leadershipnya, hingga kelak ia kan menjadi pemimpin yang didamba. Amiin.

#belajardialam
#funlearning
#campingseru
#sekolahalamindonesia
#sekolahalam⁠⁠⁠⁠

Endah Mawarni

Kepala Sekolah SL 2017-2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: