Hubungan Antara Postur Tubuh Dengan Pembelajaran

Bagaimana menangani siswa yang sulit menulis, menggunting, tidak seimbang berjalan di titian, sering “ngiteerr” jalan kesana kesini tanpa arah, sulit melempar bola, menendang, atau aktivitas lain yang menggunakan otot tubuh??
CORE MUSCLES adalah pondasi utama sesorang untuk bergerak.

Proses perkembangan anak dari sejak bayi seperti mengangkat kepala, memiringkan badan, tengkurap, duduk, memukul-mukul mainan, sampai merangkak adalah kegiatan yang mengoptimalkan otot-otot.

Namun jika anak sudah melewati masa bayinya, ada mungkin kesalahan pola asuh (misalkan salah satunya adalah terlalu banyak didudukan di stroller), maka InsyaAllah masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan & mengoptimalkan core muscles nya.

Duduk dan berdiri di atas ban, merangkak, plank, reverse crawling, hand walking, knee cross, bahkan seperti menyapu, mengepel, dll adalah salah satu kegiatan dr sekian banyak latihan yang bisa dilakukan. Dan yang paling utama adalah gerakan SHOLAT, kesempurnaan gerakan dalam sholat mengaktifkan core muscles, terutama dalam rukuk & sujud. MasyaAllahh..

Yaps, tiap anak tentulah unik dengan segala perkembangan yang dialaminya. Bismillah mengoptimalkan urutan perkembangan anak sesuai dengan usia nya.
Diselenggarakan oleh:
ISTC (Inclusive Special Treatment Center) Sekolah Alam Indonesia

Oleh: Ainun K Meutia, AMd. OT, S.Psi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: