Guru hebat, murid melesat!

Apa yang pertama terpikir saat mendengar nama negara Finlandia?
Saya yakin sebagian besar akan menjawab “pendidikanya”, karena inovasi-inovasi dalam pendidikan yang hebat dan kreatif.

Di kegiatan jambore Jaringan Sekolah Alam Nusantara, Alhamdulillah bisa sharing dengan mr. Allan, sebagai founder Dream School di Finlandia.

Salah satu yang beliau sampaikan, pentingnya penerapan metode 4C ( Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dalam pembelajaran di sekolah sebagai skill yang harus dikuasai untuk menghadapi abad 21.

Ada istilah “guru hebat, murid melesat”.
Ini menjadi tantangan bagi guru-guru di Indonesia khususnya , bagaimana bisa mengelaborasi kurikulum, resource dan metode pembelajaran, menjadikan pembelajaran yang menarik dan berkualitas.

Untuk semua teman-teman guru hebat, teruslah berjuang dalam berkarya menebar kebaikan dan kemaslahatan membangun negeri.

Berhimpun bersama orang-orang hebat dalam kegiatan Jambore ke-5 Jaringan Sekolah Alam Nusantara di kota pahlawan Surabaya dengan tema “Urban Nature Synergy”.

Semoga dengan adanya Sekolah Alam di seluruh Indonesia , dengan komponen-komponen kebaikanya serta kekayaan khas masing-masing, bisa sinergi saling mengembangkan insitu development, memberikan kontribusi nyata untuk negeri (di bidang pendidikan, sosial, budaya dll) serta mampu bersaing di dunia global.

Terus berkarya
Sebagai bagian dari komunitas Sekolah Alam Indonesia, Pak Andi Fadly Arifuddin “PADI”, berkesempatan menjadi pembicara panel 10 dalam kegiatan Jambore Jaringan Sekolah Alam Nusantara di Surabaya dengan tema ” Sekolah Alam, pendidikan yang kita butuhkan”.

Beliau sharing tentang:
– Awal pencarian sekolah untuk anak-anaknya hingga mendapat inspirasi dari buku “toto chan”, yang akhirnya memutuskan menyekolahkan anak-anaknya di Sekolah Alam Indonesia.
– Berkontribusi untuk negeri, sinergi bersama guru-guru hebat Sekolah Alam Indonesia mengembangkan lagu-lagu edukasi sebagai resources pembelaran dengan metode ” learning by singing”.
– Kebermanfaatan saat sinergi dengan komunitas.
Di akhir acara, sebelum menutup dengan menyanyikan dua buah lagu, beliau menyampaikan, bahwa “semua yg kami butuhkan sebagai orang tua, ada di Sekolah Alam”. [Ramdan]

(GR)

# jamborejsan
#jsan
#imanihsan
#sekolahalamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: