Gotong Royong

Tahukah anda, bahwa istilah Gotong Royong ini telah dilaksanakan secara menyeluruh di pelosok daerah, tentu saja dengan istilah khas masing-masing. Akan tetapi ternyata hal ini cukup asing di kalangan pemuda terutama di kota besar.

Gotong Royong adalah bahu membahu bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan tertentu, tentu saja bukan hanya ego diri yang dikesampingkan malah lebih dari itu, bahwa siswa diajarkan untuk mengutamakan kepentingan kelompok dibandingkan kepentingan pribadi.

Kami siswa Sekolah Lanjutan dan siswa SD kelas 6 Sekolah Alam Indonesia ber-Gotong Royong membersihkan sekolah kami. Ada yang membersihkan kelas, perpustakaan, halaman sekolah, kantin, joglo, dan sisi-sisi lain dari sekolah kami.
Gotong Royong bahu membahu mewujudkan sekolah yang hijau, bersih, dan Indah.

Dan ternyata kami mendapatkan bonus tambahan berupa sikap peduli lingkungan, sikap memberikan kemanfaatan, sikap berperan dan berkontribusi, sikap berkorban dan kerjasama, dan banyak hal lainnya.

Apakah lelah setelah melaksanakannya??

Tentu saja. Tapi hasilnya membuat kami semua tersenyum Indah. Semoga karakter Gotong Royong ini selalu tertanam dalam jiwa kami semua. Hingga kelak, ketika kami terjun langsung ke masyarakat, kami akan mudah bekerjasama dan bergotong royong membangun negeri ini. [Endah Mawarti]

#imanihsan
#gotongroyong
#sekolahlanjutan
#smpsekolahalam
#sekolahalamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: