Language Fair 2018

Sekolah Alam Indonesia (SAI) adalah sekolah kehidupan. Oleh karena itu, kegiatan belajar mengajar di sekolah sebisa mungkin di desain mengacu pada kondisi riil dan kebutuhan di kehidupan nyata dan berupaya memperkecil jurang realita kehidupan nyata dengan idealisme sekolah pada umumnya.

Proses belajar di SAI bukanlah kegiatan mengisi otak anak dengan berbagai pengetahuan sebagaimana layaknya kita mengisi sebuah botol.

Proses belajar di SAI adalah sebuah petualangan menemukan dan mengasah potensi fitrah anak. Karena hakekat belajar di SAI adalah proses mengumpulkan pengalaman dan merefleksikan pengalaman tersebut untuk kehidupan berikutnya yang lebih baik.

Lalu pendidikan tersebut berusaha disinergikan dengan orang tua/komunitas sebgai penanggung jawab utama pendidikan anak.
Dan ujung dari seluruh pembelajaran tersebut harus memiliki dampak pada kebaikan yang mendekatkan diri pada Allah SWT.

Nah, salah satu contoh hasil dari semua hal di atas adalah selebrasi pembelajaran berbasis proyek sociodrama peradaban islam yang akan kita saksikan sebentar lagi.

Semoga semua proses yang telah dilalui oleh anak-anak kita melalui sentuhan hebat para fasilitator di kelas dan kolabarosai ayah bunda dapat menghasilkan sesuatu yang lebih hebat dari pada konser ini.

Sebuah kesadaran bahwa kita dan anak-anak kita adalah abdullah, hamba Allah yang diciptakan dan tidak lain dan tidak bukan agar menyembah Allah, yang salah satu perintahnya adalah fasiru fil ardh, bertebaranlah di muka bumi dan menjadi Pemimpin, sesuai dengan tagline SAI *School of Leading Generation*.

Dan syarat yang kita butuhkan untuk bertebaran di muka bumi Allah ini adalah *bahasa*.

Itulah salah satu esensi *_Language Fair_* dan konser ini.
Lalu _Language Fair_ ini dikemas dalam bentuk sociodrama *Islamic Civilisation, Past and Present*

Semoga pembelajaran berbasis proyek ini bisa menjadi inspirasi untuk anak-anak kita yang akan memgantarkan mereka menjadi agen-agen terbentuknya Negri dengan Peradaban Islam yg diberkahi dan diampuni oleh Allah SWT.

Selamat menyaksikan.

Diani Wijayanti
Ketua Dept Bahasa
*Sekolah Alam Indonesia*

*Sociodrama of Islamic Civilization, Past and Present*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: