It’s show time! (CEI 2018)

Panjang persiapan yang telah dilakukan untuk mengikuti kegiatan konferensi lingkungan internasional ini. Caretakers of Environment International (CEI) adalah sebuah konferensi tahunan yang dihadiri oleh delegasi-delegasi dari 40 negara di dunia. Tahun ini CEI dilaksanakan pada tanggal 8 – 14 Juli 2018 di Judenburg, Austria.

Persiapan luar biasa yang dilakukan oleh 10 siswa Sekolah Lanjutan Sekolah Alam Indonesia untuk mengikuti konferensi ini. Mulai dari menyempurnakan hasil penelitian yamg telah mereka lakukan sebelumnya, mempublikasikan hasil penelitian, menjaring dukungan dari masyarakat, berlatih presentasi yang menyakinkan dalam bahasa Inggris, persiapan dana, fisik, dan terutama ruhiyah.

Keikutsertaan Sekolah Alam Indonesia dalam konferensi ini diawali oleh program Young Researcher, sebuah program penelitian berbasis masalah sekitar yang dilakukan oleh siswa kelas 8. Penelitian yang bukan hanya bertujuan untuk menstrukturkan logika berfikir ilmiah siswa, akan tetapi juga meningkatkan pemahaman literasi, serta menganalisis sebab akibat dan terjadinya sesuatu.

Panjang memang proses yang dilakukan, akan tetapi ini dalam rangka pemantapan karakter mereka, yaitu penempaan keuletan, kesabaran, dan daya tahan pada sebuah pembebanan.

Sebagai delegasi Indonesia dalam konferensi CEI 2018 di Austria, pastinya akan memberikan tantangan baru bagi siswa kami untuk menghadapi masa depan yang lebih heterogen, berkomunikasi dengan beragam karakter orang, dan juga menyampaikan hasil pemikirannya tentu saja dengan membawa identitas seorang muslim hang membawa rahmatan lil ‘alamin.

Semoga delegasi Sekolah Alam Indonesia pada CEI 2018 diberikan banyak hikmah pembelajaran, kemudahan, dan selalu diberikan penjagaan dari Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: