SAI JAC Bengkulu

Menebar Semangat Ke Penjuru Negeri
Oleh: Taufiq Nugroho
(Project Manager SAI JAC Bengkulu)

Seperti cabang-cabang SAI lainnya, SAI JAC Bengkulu merupakan bukti dari semangat mengembangkan konsep Sekolah Alam Indonesia ke seluruh penjuru negeri. Walaupun bukan hal mudah untuk mewujudkannya, namun dengan ijin Allah dan niat kebaikan yang ada di hati, segala rintangan dapat kita hadapi.

SAI JAC Bengkulu berlokasi di daerah Jenggalu, kurang lebih 15 menit dari kota Bengkulu. Kontur alamnya sangat indah dan lingkungannya sangat asri. Letaknya di pinggir sungai dan tidak jauh dari muara sungai. Sangat cocok dengan konsep sekolah alam yang mengedepankan pengenalan terhadap alam untuk pembelajaran ilmiah dan pembelajaran kehidupan. Luas SAI JAC Bengkulu kurang lebih dua hektar. Di lokasi tersebut sudah terdapat instalasi outbound, karena awalnya lokasi ini diperuntukan bagi operasional outbound. Rencana kedepan akan dibangun kolam renang di sekolah ini.

Saat ini SAI JAC Bengkulu hanya membuka kelas untuk siswa preschool (KB, TK A, TK B). Jumlah muridnyapun belum banyak. Di hari pertama sekolah pada tanggal 17 Juli kemarin jumlah murid yang hadir 4 orang dan bertambah 6 orang pada hari ke-2. Jumlah guru kelasnya sebanyak 4 orang dengan 1 kepala sekolah. Sama seperti cabang lainnya, penfaftaran SAI JAC Bengkulu dan pemasangan iklan di koran masih berlangsung selama semester ini.

Peluang SAI JAC Bengkulu cukup besar. Pendidikan dengan konsep berbeda dengan sekolah-sekolah yang sudah ada, menggugah para orang tua di bengkulu untuk menyekolahkan anaknya di sekolah ini. Terbukti dari telepon masuk ke panitia pendaftaran, menanyakan tentang SAI JAC Bengkulu. Tinggal bagaimana membuktikan bahwa sekolah ini memang layak dipilih.
Tantangan utama SAI JAC Bengkulu adalah kualitas guru mengajar. Ditambah lagi dengan usia para guru yang masih muda. Namun jika potensi para guru dapat dioptimalkan, maka bukan mustahil SAI JAC Bengkulu dapat berkembang lebih besar dari SAI Jakarta. Aamiin.

[pb_builder]