Kebun dan Ternak

Kebun dan ternak merupakan salah satu kegiatan utama bagi siswa Sekolah Alam Indonesia. Kurikulum kebun dan ternak bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan sederhana kepada siswa tentang pertanian dan peternakan dan juga untuk menumbuhkan kecintaan pada setiap siswa terhadap lingkungan. Kegiatan berkebun sudah dimulai sejak jenjang playgroup sampai sekolah lanjutan yang meliputi kegiatan persiapan tanam hingga pasca panen.

Kebun-ternak adalah bagian penting dalam menyediakan sarana belajar khususnya sekolah alam Indonesia di kantong-kantong agraria. Artinya bahwa kebun-ternak menjadi pembelajaran yang mengasah soft skill dan hard skill.

Ketekunan memelihara dari bibit hingga panen atau dari kecil hingga siap jual. Kesabaran merawat, menunggu pertumbuhan. Bertanggung jawab atas beban menjaganya. Ikhlas bekerja dan tawakal kepada Sang Pencipta, menyerahkan segala hasil kepadaNya.

Memperoleh pengetahuan atas pengalaman memelihara dan merawat hingga panen atau siap jual. Menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik.