Kelas

Saung begitu istimewa di sekolah alam. Ruang kelas terbuka itulah bernama saung. Satu rentet kelas terdiri dari dua saung atas dan bawah. Diikat dengan tangga pandu di bagian tengahnya.

Saung kelas tersebut terbuat dari kayu tanpa dinding. Ditopang oleh delapan tiang sehingga sangat kokoh berdiri. Bangunan berbentuk panggung dengan lantai yang juga terbuat dari papan kayu yang disusun laki-laki perempuan. Maksudnya agar celah antar papan kayu tertutup dan tidak mencederai siswa yang berada di bawah saung. Menghindari perlengkapan belajar jatuh ke bawahnya.

Di bagian tepi saung dibuatkan pagar 1,5 meter untuk melindungi anak-anak agar tidak terjatuh. Satu keamanan bersama selalu diingatkan agar anak-anak saling mengingatkan satu sama lainnya tetap hati-hati. Tidak duduk di pagar saung.

Saung kelas berbentuk lesehan. Seluruh alas kaki di simpan di rak sepatu yang terletak di bawah saung. Seluruh warga kelas baik siswa maupun guru duduk lesehan. Peralatan belajarnya sederhana. Menggunakan meja lipat yang mudah dirubah formasinya.⁠